Minggu, 13 Agustus 2017

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Jasa

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Jasa

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Jasa - Susunan organisasi yaitu kerangka antar hubungan dari beberapa orang atau unit-unit organisasi yang semasing mempunyai pekerjaan, tanggung jawab, serta wewenang spesifik. Dalam menggerakkan aktivitas perusahaan dibutuhkan susunan organisasi dan uraian pekerjaan yang pasti dari tiap-tiap orang atau unit organisasi yang ikut serta dalam organisasi. Dengan hal tersebut diinginkan ada satu kejelasan arah serta koordinasi untuk menjangkau maksud perusahaan serta semasing personil atau unit organisasi ketahui dengan terang dari tempat mana mereka memperoleh perintah serta pada siapa mereka mesti mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya. 

Hal basic yang bisa diliat pada susunan organisasi yakni : 
a. Susunan organisasi memberi deskripsi tentang pembagian pekerjaan dan tanggung jawab pada individu ataupun bebrapa sisi disuatu organisasi. 
b. Susunan organisasi memberi deskripsi tentang hubungan pelaporan yang diputuskan dengan resmi dalam satu organisasi, tingkatan hirarki dan besarnya rentang kendali dari semuanya pimpinan di semua tingkatan organisasi. 
c. Susunan organisasi mengambil keputusan pengelompokan individu jadi sisi organisasi serta pengelompokan bebrapa sisi organisasi jadi satu organisasi yang utuh. 
d. Susunan organisasi mentapkan system hubungan dalam organisasi yang sangat mungkin tercapainya komunikasi, koordinasi, serta pengintegrasian seluruh aktivitas organisasi baik dengan vertikal ataupun horizontal. 

Satu diantara perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang berada di Indonesia yang beroperasi di sektor layanan. Mengenai service layanan yang didapatkan yaitu layanan pengangkutan (Overbringgin, Stripping, Stuffing, serta ON/OF Container). 
Jaringan usaha yang dikerjakan : 
1. Membuat pendekatan pada exportir/importir dengan cost murah. 
2. Senantiasa membuat lobi dengan pihak pemerintah supaya bebrapa cost di pelabuhan tetaplah stabil atau tak ada kenaikan. 
3. Senantiasa melindungi supaya jangan pernah berlangsung klaim karena rusaknya barang baik export ataupun import. 

Gagasan aktivitas : 
1. Jadi besar usaha transportasi darat/angkutan. 
2. Buat pergudangan baru area untuk menyimpan barang export/import. 
3. Perbanyak alat-alat mekanik supaya aktivitas arus bongkar/muat dalam kondisi stabil serta lancar. 
4. Melindungi kelancaran pengurusan dokumen export/import supaya barang hingga ke maksud pas saat dalam kondisi stabil serta lancar. 

Pembagian pekerjaan berdasar pada susunan organisasi : 
a. Komisaris Utama 
Komisaris paling utama adalah pemegang saham paling besar dalam perusahaan yang berwenang untuk memastikan arah serta maksud perusahaan. 
Pekerjaan serta wewenang Komisaris Paling utama : 
1. Mengambil keputusan kebijakan perusahaan dengan memastikan gagasan serta maksud perusahaan baik periode pendek ataupun periode panjang 
2. Mengurusi atau mengadakan rapat-rapat direksi dan menerbitkan notulen rapat baik untuk kebutuhan operasional ataupun dokumentasi. 
3. Memberi pengarahan serta buat program kerja perusahaan. 
4. Menyepakati kiat atau program kerja perusahaaan. 
5. Dalam kesatuan direksi mewakili perusahaan dalam serta luar pengadilan yang terkait dengan kepemilikan. 
6. Mengkoordinir pekerjaan direksi tentang pertanggungjawaban baik berbentuk laporan tahunan ataupun pekerjaan berkala yang lain. 
7. Memimpin dengan segera aktivitas biro pengawasan intern dengan bekerja bersama dengan direksi beda. 
8. Memimpin serta mengurusi perusahaan sesuai sama kebijakan perusahaan serta selalu berupaya tingkatkan efisiensi serta dampaktifitas. 

b. Komisaris 
Komisaris adalah satu diantara pemegang saham yang menolong Komisaris Paling utama dalam membuat rencana serta menolong beberapa pekerjaan Komisaris Paling utama, salah satunya : 
1. Mengendalikam semua aktivitas perusahaan dalam pengembangan perusahaan.  
2. Membuat pembinaan, proses aktivitas perusahaan. 
3. Membuat serta pelihara administrasi perusahaan serta pengawasan pembuatan laporan tahunan untuk diserahkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

struktur organisasi perusahaan dagang sederhana


c. General Manager 
General Manager yaitu pimpinan paling utama dalam pengambilan ketentuan serta tanggung jawab atas tercapainya maksud perusahaan dan jadi pengendali semua pekerjaan serta beberapa fungsi dalam perusahaan. 
Pekerjaan serta wewenang General Manager : 
1. Mengambil keputusan kebijakan perusahaan dengan memastikan gagasan serta maksud perusahaan baik periode pendek ataupun periode panjang. 
2. Mengkoordinir serta mengawasi semua kesibukan yang dikerjakan dalam perusahaan. 
3. Buat ketentuan intern pada perusahaan yg tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan. 
4. Melakukan perbaikan serta menyempurnakan segeneap sisi pengaturan supaya maksud organisasi bisa terwujud dengan efisien serta efektif. 
5. Menuntun bawahan serta mewakilkan beberapa pekerjaan yang bisa ditangani oleh bawahan dengan terang. 

d. Operational Manager 
Operational Manager adalah pimpinan dalam divisi operasi yang bertugas untuk mengatur, mengatur serta melakukan pekerjaan operasional. 
Pekerjaan serta wewenang Operational Manager : 
1. Mengawasi aktivitas operasional perusahaan. 
2. Berencana, mengatur, serta mengawasi semua aktivitas operasi dalam pengembangan perusahaan hingga selesai. 
3. Membuat pembinaan, proses aktivitas perusahaan di bagian pengembangan. 

Operational Manager membawahi enam sub sisi yakni : 
1. Kepala Lapangan bertugas mengatur pekerjaan di lapangan baik operator alat-alat berat, driver, serta cleaning service. 
2. Kepala Mekanik bertugas mengatur pekerjaan dalam perbaikan alat-alat berat atau kendaraan yang rusak. 
3. Assisten Mekanik 
4. Operator serta Driver bertugas menjalankan/mengatur alat-alat berat atau kendaraan sesuai sama perintah Kepala Lapangan. 
5. Cleaning service bertugas bersihkan, serta membenahi kantor ataupun lapangan. 
6. Operator 

e. Human Management Development (HRD) Manager 
Human Management Development (HRD) Manager adalah pimpinan sisi personalia yang bertugas untuk mengatur serta merampungkan tentang yang terkait dengan dengan kepegawaian. 
Pekerjaan serta wewenang Human Management Development (HRD) : 
1. Menolong pimpinan dalam rencana serta pengembangan, mendokumentasikan data serta mempersiapkan program kesejahteraan karyawan. 
2. Melayani dalam perekrutan karyawan baru. 
3. Mengawasi serta lakukan pembinaan serta pelajari kemampuan. 
4. Mempersiapkan serta memberi laporan dengan berkala mengenai proses aktivitas sisi personalia. 

Human Management Development (HRD) Manager membawahi dua sub sisi yakni : 
1. Kepala keamanan bertugas mengawasi petugas keamanan dalam menanggung keamanan serta kelancaran beberapa pekerjaan di lapangan. 
2. Satpam 

f. Management Information Sistem (MIS) Manager 
Management Information Sistem (MIS) Manager adalah pimpinan dalam bagian perancangan system system manajemen info yang bertugas membuat program-program computer yang juga akan dipakai untuk melakukan beberapa pekerjaan dalam perusahaan. Management Information Sistem (MIS) Manager membawahi programmer yang bertugas buat serta melakukan perbaikan system yang sudah didesain oleh MIS Manager. 

g. Accounting Chief 
Accounting Chief adalah pimpinan sisi pembukuan. 
Pekerjaan serta wewenang Chief Accounting : 
1. Merampungkan administrasi pembukuan atas transaksi keuangan yang berlangsung dalam perusahaan. 
2. Mengecek penyelesaian buku induk, pos-pos material untuk penyelesaian neraca. 
3. Menganalisa neraca keuangan untuk menilainya apakah perusahaan memiliki tempat keuangan yang baik. 

Accounting Chief membawahi dua sub sisi yakni : 
1. Kasir adalah staf yang bertugas terima serta keluarkan dana sesuai sama transaksi yang sudah berlangsung dalam aktivitas perusahaan. 
2. Sisi Accounting adalah staf yang bertugas untuk meng-input serta menghidangkan neraca keuangan. 

h. Finance Chief 
Finance Chief adalah pimpinan sisi keuangan. 
Pekerjaan serta wewenang Finance Chief : 
1. Menolong direksi melakukan peranan manajemen dalam bagian keuangan perusahaan, mengatur, mengatur, serta membuat gagasan kerja atau biaya perusahaan. 
2. Bertanggungjawab jadi pemegang, pengaman penerimaan serta pengeluaran dana kas kecil (petty kontan fund). 

Finance Chief membawahi dua sub sisi yakni : 
1. Kasir adalah staf yang bertugas terima serta keluarkan dana sesuai sama transaksi yang sudah berlangsung dalam aktivitas perusahaan. 
2. Administrasi adalah staf yang bertugas untuk meng-input data-data yang didapat di lapangan yang terkait dengan operasional perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar